SUB QUERY


.


Sub query adalah perintah select yang berada di dlam perintah sql lain. Sub query sangat berguna ketika kita ingin menampilkan data dengan kondisi yang bergantung pada data di dalam table itu sendiri.untuk lebih jelasnya kita praktikan langsung saja. Saya akan membuat step demi step cara membuatnya.
Yang pertama yaitu kita harus mengaktifkan xampp servernya terlebih dahulu, fungsinya dari xampp server itu sendiri yaitu untuk mengelola layanan apache dan MySql ,memberikan akses kepada semua orang atau hanya localhost dan mengelola pengaturan server, jadi intinya  karena MySql itu sendiri ada di dalam xampp servernya, jadi agar bisa diakses dan dijalankan ya mesti diaktifkan terlebih dahulu.
Caranya untuk mengaktifkannya yaitu dengan mengklik doublek klik ikon xampp server , klik mysql dan tekan start , tentunya ini harus diinstal terlebih dahulu jika di komputer kita belum ada applikasi ini.
setelah itu kita buka  cmd (command prompt) lalu kita masuk ke directori MySql itu disimpan sampai dengan directori bin yg terdapat di dalam folder MySql itu sendiri. Setelah masuk kedalam directori bin ketikan MySql – u root fungsinya untuk memanggil MySql atau supaya dapat mengakses MySql,agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini.


Kemudian cara untuk membuat suatu database yaitu dengan cara  [create database nama_database] . disini saya akan membuat database yang bernama thea , yaitu dengan mengetikan ‘create database thea;’ pada cmd. Setelah itu kita membuat tabel yang kita inginkan. Di sini saya ingin membuat table yang terdiri dari NPM, Nama dan alamat , lihat perintah di bawah ini :


Lihat field table info :


Perintah insert untuk memasukan data di dalam tablel info  :


Lihat semua isi record :



Perintah insert dan kemudian kita melihat hasil semua isi tabel mhs:


Your Reply