Strawberry
prolog adalah bahasa pemograman yang biasa kita gunakan untuk membuat game.
Disini saya merubah dari game yang sudah ada. Saya merubah permainan checkers ,
saya memberi nama games nya yaitu hunting emote. Inilah tampilan games nya :
Kemudian
saya akan menjelaskan cara bermain games ini , caranya sebagai berikut :
Untuk
memainkan game ini, kita harus memiliki kompiler strawberry prolog terlebih
dahulu. Kemudian kita open folder games yang bernama hunting emote. Karakter
yang dimainkan pemain dan komputer dalam permainan ini berupa emoticon yang berbeda yaitu emot cool
dan love struck yang diletakkan secara diagonal pada papan permainan. Emot tersebut bergerak secara diagonal
pada papan. Dalam permainan ini pemain ditugaskan untuk menghalangi pemain AI
memenangkan permainan. Untuk melompati emot
lawan(emot cool) harus memancing pergerakan lawan agar meletakkan emotnya berada pada jalur diagonal emot pemain. Pemain AI harus meletakkan emot pada jalur yang tepat sekaligus
melompati emot lawan untuk menghilangkan emot tersebut Permainan ini pemain hanya bisa berjalan ke arah
diagonal maju (ke atas), sehingga tidak diperkenankan untuk mundur (ke bawah).
Tetapi jika kita sudah mencapai kotak lawan terjauh kita bisa mundur kebelakang
untuk memakan emote lawan. Begitu juga dengan lawannya.
permainan
dimulai dengan hunter sebagai pemain
yang jalan pada giliran pertama, namun pemain bisa mengatur untuk melanjutkan
permainan atau menutup permainan. Kemudian pemain yang mendapatkan giliran pertama
akan menempatkan emot-nya. Untuk
menjalankan emot terdapat kondisi,
jika tidak ada token yang bisa
dilompati maka pemain yang berada pada giliran kedua akan jalan untuk
menempatkan token-nya.
Lalu
jika terdapat token yang bisa
dilompati maka emot lawan akan
dilompati dan emot lawan akan hilang
dari papan permainan. Lalu dilakukan pengecekan kembali, jika emot lawan sudah hilang semuanya dari
papan permainan maka permainan akan berakhir, sedangkan jika bola emot dan begitu seterusnya sampai
salah satu pemain emotnya habis. Emot yang paling banyak tersisa adalah
pemenangnya.