tugas internet dasar


.




Search Engine
Search Engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. Website search engine yang terkenal adalah Google dan Yahoo.

Cara kerja search engine pertama-tama mencopy paste semua halaman website yang ada di dunia. Setelah data tersebut masuk kemudian diolah dengan algoritmanya sendiri. Saat pengunjung mencari data yang dibutuhkan, dengan algoritmanya dia menampilkan data sesuai yang  dimasukkan pengunjung.

Search Engine akan berusaha mungkin menampilkan data yang paling relevan dengan yang diinginkan pengunjung. Berbagai kemungkinan data yang akan ditampilkan, dan search engine punya banyak pertimbangan yang dituangkan dalam algoritmanya.

Algoritma ini terus berkembang karena perkembangan teknologi yang ada di samping banyak website yang berusaha agar website dia muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Untuk bisa masuk di halaman pertama, kita harus membuat website mempunyai content yang baik selain juga mempunyai struktur website yang disenangi serach engine. Ini dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization).

Pengertian hacker dan cracker
1. Hacker

Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Sebagai contoh : digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer. Digigumi ini menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya, game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak. Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar "cracker", menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para cracker mengobrak - abrik jaringannya, sebagai contoh : perusahaan asuransi dan auditing "Price Waterhouse". Ia memiliki team hacker yang disebut dengan Tiger Team. Mereka bekerja untuk menguji sistem sekuriti client mereka.

2. Cracker

Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

portal
Portal di Wikipedia adalah halaman-halaman yang ditujukan sebagai "Halaman Utama" untuk topik atau bidang spesifik tertentu. Portal dapat dihubungkan dengan satu atau lebih ProyekWiki; namun, tidak seperti ProyekWiki, selain untuk penyunting, portal juga ditujukan untuk pembaca Wikipedia dan harus dapat mempromosikan isi dan mendorong kontribusi. Intinya, portal adalah titik masuk yang berguna untuk isi Wikipedia pada suatu topik tertentu.
Konsep portal berawal dari Wikipedia bahasa Polandia dan Jerman. Pada awal 2005, konsep portal diserap ke Wikipedia bahasa Inggris dan pada akhir 2005, ruang nama khusus (Portal:) diciptakan.
Suatu halaman portal dibuat dalam ruangnama "portal". Dengan demikian judulnya harus memiliki awalan "Portal:", contoh: Portal:Indonesia, Portal:Islam, Portal:Fisika dan sebagainya.
Di Wikipedia bahasa Indonesia, portal pertama, Portal:Indonesia, diciptakan pada sekitar Desember 2005. Perkembangan portal-portal lain selanjutnya adalah:
Pengertian dari portal web adalah sebuah situs yang berfungsi untuk meletakkan informasi di WWW. Sebuah pertal web pastinya akan menampilkan informasi yang terkolaborasi dengan desain dan beragam tampilan.
Oleh karena itu, tampilan sebuah web portal akan lebih konsisten di halaman-halamannya, dan juga memiliki struktur kontrol dan prosedur untuk berbagai aplikasi web. Lalu, mengapa web portal itu dapat dikatakan penting?
Hal ini karena sebuah perusahaan atau individu, biasanya memiliki berbagai macam informasi yang ingin ditampilkan dalam sebuah tempat yang terintegrasi.
Berikut ini merupakan keuntungan penggunaan web portal dibandingkan halaman website biasa yang terpisah-pisah :
  • Adanya integrasi aplikasi dan pengaksesan ke isi portal maupun aplikasi sesuai dengan kewenangan pengunjung.
  • Komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik.
  • Data yang diakses akan menjadi satu kesatuan dan aksesnya real time.
  • Lebih mudah memodifikasi isi dan melakukan maintenance portal.
Sebuah portal memiliki ciri-ciri khusus sebagai berikut :
  • Memiliki tampilan look dan feel yang seragam.
  • Adanya header dan footer, dan tampilan header dan footer tersebut umumnya seragam di seluruh halaman yang ada di portal. Ada juga skema warna, ikon, logo, dan sebagainya yang memberikan kesan dan tampilan yang seragam dan sama.
  • Adanya blok-blok yang menampilkan informasi dalam bagian-bagian tertentu di halaman, atau dengan kata lain menggunakan layout yang baik.
  • Kotak-kotak blok tersebut diletakkan dalam tampilan yang saling berkaitan antara waktu dan eksistensinya.

SYNTAX GOOGLE

Syntax keyword =
Ini berguna untuk mencari keyword di google search engine sobat bisa mencarinya dengan penambahan =
contoh: keyword=seo tips and trik
maka google akan menghasilkan situs yang mempunyai keyword tersebut

Syntax OR
Dengan kata lain atau yang berfungsi melakukan pencarian halaman yang berisi salah satu dari keyword atau kata kunci
contoh: laki-laki OR Perempuan

Syntax (+)
Untuk melakukan pencarian secara paksa
contoh: hacker+where
maka kata where akan di ikut sertakan tetapi apabila kita mencari hacker where kata where tidak akan di ikut sertakan dalam pencarian.

Syntax (-)
untuk melakukan pencarian dengan pengecualian
contoh: sobat ingin mencari kata mobil tapi tidak mengikutsertakan motor maka;
mobil-motor

Syntax * (asterik)
Untuk mencari semua hurup yang mendukung dalam pencarian sebuah kalimat
contoh: belajar * SEO
maka hasil pencarian akan bervariasi dengan kata penghubung misalnya belajar tentang SEO

Syntax (" ")
untuk mencari kata yang tepat dan susunan kalimat dengan tepat
contoh: "Google"

Syntax ?intitleindex.of? jpg site:.
Untuk mencari sebuah direktori yang mengandung file-file gambar silahkan sobat ketikan di google
contoh: ?intitleindex.of? jpg site:. 

Syntax intitle:
Untuk mencari judul suatu situs jadi kalau mengetikan ini di google akan menghasilakn judul artikel ataupun judul halaman web/blog.
contoh: intitle:berita untuk negri

Syntax Allinurl:
Untuk pencarian data dalam url tertentu biasanya di ikuti dengan index ini mencari seluruh kata dalam url
contoh: allinurl:index.php

Syntax filetype:
Untuk mengetahui tipe file yang di gunakan atau melakukan pencarian dengan tipe file tertentu seperti PDF, TXT, DOC, XLS, HTML, PHP, SWF, RTF, PPT, MBD, dan lain-lain.
contoh: filetype:PDF "hacking facebook" jangan lupa berikan spasi

Syntax Cache:
Google akan menampilkan versi sebuah web pada saat membukannya
contoh: cache:hendro-prayitno.blogspot.com

Syntax site:
Di sini google akan menampilkan seluruh isi dari situs
contoh: site:google.co.id

Syntax link:
Ini untuk mengetahui banyaknya link dari suatu situs
contoh: link:hendro-prayitno.blogspot.com
catatan: apabila web/blog sobat tdak terindek ada kemungkinan masuk sandbox atau ada yang salah dalam www.w3.org jangan sampai salah dan harus valid karena kalau masuk kotak pasir kita tinggal berdoa saja agar google memberi keringanan.

Syntax related:
Ini berguna untuk mencari halaman yang mempunyai kesamaan atau mempunyai hubungan dengan situs tersebut.
contoh: related:facebook.com

Syntax inurl:
Menampilkan satu kata yang dicari di dalam URL ini berbeda dengan allinurl: kalau inurl: google akan menelusuri satu kata yang sfesifik dalam url
contoh: inurl:operator

Syntax define:
Kalau yang ini google akan mencari suatu definisi dari kata, misalnya sobat akan mencari definisi SEO maka:
define:SEO

Pengertian web


World Wide Web (biasa disingkat sebagai "Web") adalah sistem dokumen hypertext yang dapat diakses melalui Internet. Dengan browser Web, kita dapat melihat halaman web yang dapat berisi teks, gambar, video, dan multimedia dan navigasi antara mereka menggunakan hyperlink. Menggunakan konsep hypertext dari sebelumnya, sistem World Wide Web dimulai pada tahun 1989 oleh ahli fisika Inggris Sir Tim Berners-Lee, yang kini Direktur World Wide Web Consortium, dan kemudian oleh Robert Cailliau, seorang ilmuwan komputer Belgia, sedangkan yang kedua bekerja di CERN di Jenewa, Swiss. Di tahun 1990, mereka diusulkan membangun "web dari node" menyimpan "hypertext halaman" dilihat oleh "browser" pada jaringan, dan web yang dirilis pada bulan Desember. yang ada oleh Hubungkan Internet, situs-situs lain yang dibuat, di seluruh dunia, standar internasional untuk menambahkan nama domain & HTML bahasa. Sejak itu, Berners-Lee telah memainkan peran aktif dalam mengawal pengembangan Web standar (seperti bahasa markup di halaman web yang terdiri), dan dalam beberapa tahun terakhir telah mengadvikasi visi beliau yang itu semantik web.
World Wide Web memungkinkan penyebaran informasi melalui Internet melalui mudah digunakan dan fleksibel format. Sehingga ia bermain peranan penting dalam mempopulerkan penggunaan Internet. Walaupun dua istilah tersebut populer digunakan, World Wide Web tidak identik dengan Internet. Web adalah aplikasi yang dibangun di atas Internet.


Sejarah blog

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. 
Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan ''catatan perjalanan'' seseorang di internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar ''cerdas'' mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat. 
Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita ''mengintip'' isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal.  
Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet. Sedangkan Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online Salon pada Mei 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekadar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekadar sebuah diary yang disimpan di internet. 
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika kemudian Blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi hanya berupa tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi diary anline yang berada di internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari diary atau jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain. Para Blogger dengan sengaja mendesain Blog-nya dan isinya untuk dinikmati orang lain. 
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What's New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin's Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. 
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada di luar sana belumlah seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. 
Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tetapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak begitu rupa sampai Blogger.com muncul di dunia per-blog-an.  
Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.  
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orangtua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olah raga, buku komik dan macam-macam lagi. Bahkan Blogger ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would By That?  
Cameron Barret menulis pada Blog-nya esai berjudul ''Anatomy of a Weblog'' yang menerangkan tema dari Blog. Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut. Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasaan si Blogger-nya tanpa ada editor atau bos yang ikut campur, tema segila apa pun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog. 
Dari sedemikian banyak Blog yang ada, Blog-blog yang menetapkan standar dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri di antaranya adalah Blog milik Jorn Barger, Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana dia setiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi. Camworld adalah Blog populer milik Cameron Barret seorang desainer interaktif di mana dia mengkatrgorikan topik-topik Blog-nya pada kategori, Random Thoughts, Web Design dan New Media. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik dalam arti Blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini pribadi dicampur dengan keselektifan pemilihan link-nya. (iah/net)


Langkah membuat blog

Langkah 1: Daftar Google 

Daftarkan Diri Anda di Google
Lho koq? Koq di Google? Katanya mau ngajarin bikin blog di blogger.com, koq malah di Google? Tidak salah, karena untuk masuk ke blogger, Anda harus memiliki login google.com.

Silahkan kunjungi http://www.blogger.com. Anda akan mendapatkan halaman seperti pada gambar dibawah.

Jika Anda sudah memiliki login di Google, Anda tinggal login, maka Anda akan masuk ke Control Panel atau Panel Kontrol.

Oh ya, Anda bisa memilih bahasa, apakah Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Untuk kali ini saya anggap Anda belum memiliki login Google.

Klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.

Sejauh ini sangat mudah dan akan terus mudah.
Halaman Pertama 

Langkah 2: Daftar Blog 

Lengkapi Pendaftaran Anda
Setelah Anda klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA, maka akan muncul formulir seperti yang ada pada gambar dibawah ini.

Proses ini akan menciptakan account Google yang dapat Anda gunakan pada layanan Google lainnya. Jika Anda sudah memiliki sebuah account Google mungkn dari Gmail, Google Groups, atau Orkut.

Satu account Google bisa digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang disediakan oleh Google.

Jika Anda sudah memiliki accout google, Anda bisa langsung login (masuk). Untuk login ke Google, Anda harus login dengan menggunakan alamat email.

Silahkan lengkapi.

1. Alamat email yang Anda masukan harus sudah ada sebelumnya. Anda akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. Jika Anda menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. Anda tidak perlu menggunakan email gmail.com. Email apa saja bisa.

2. Lengkapi data yang lainnya.

3. Tandai "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa Anda setuju. BTW Anda sudah membacanya?

Setelah lengkap, klik tanda panah yang bertuliskan lanjutkan.
Form Pendaftaran 1 
Form Pendaftaran 2 

Langkah 3: Membuat Blog 

Memilih Nama Blog dan URL Blog
Jika Anda berhasil, Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah. Jika gagal? Gagal biasanya karena verifikasi kata Anda salah. Itu wajar karena sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Yang sabar saja, ulangi sampai benar. Saya sendiri sampai mengulang 3X.

Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda akan dibawa ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah. Sekarang Anda mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blog Anda.

Sebagai contoh, saya menamakan blog tersebut dengan nama Hasna Zahidah. Sssst, jangan curiga, Hasna adalah putri saya. Saya memilih alamat blog dengan alamat http://hasna-zahidah.blogspot.com
sebagai alaternatif, bisa juga http://hasnazahidah.blogspot.com.

Jika Anda membuat lensa dengan tujuan mempromosikan produk Anda atau produk afiliasi, maka dalam memilih nama, harus berisi nama produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Misalnya jika Anda ingin menjual ebook saya, Anda bisa memilih kata kunci seperti motivasi, sukses, berpikir positif, dan kata-kata kunci lainnya yang sesuai.

Anda juga bisa meneliti kata kunci yang paling banyak dicari orang (tentu harus berhubungan dengan produk yang Anda jual) di
https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Anda bisa mengecek ketersediaan alamat blog yang Anda pilih. Jika tersedia bisa Anda lanjutkan. Jika tidak tersedia, maka Anda harus kreatif mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, misalnya ditambahkan abc, xzy, 101, dan bisa juga dengan menyisipkan nama Anda.

Lanjutkan dengan klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN.
Proses Pembuatan Blog 

Langkah ke 4 Blog Template 

Pilih desain yang sesuai dengan selera Anda.
Berhasil? Tentu saja berhasil, memang mudah koq. Jika berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah.

Pilihlah tema yang sesuai dengan selera Anda. Jika tidak ada yang sesui dengan selera Anda, jangan khawatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa Anda install sendiri. Sekarang pilih saja tema agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Anda bisa preview tema dengan klik gambarnya.

Untuk Memilih tema Anda klik (tandai) bulatannya o seperti pada gambar dibawah. Lihat yang saya tunjuk dengan panah merah buatan saya.

Setelah itu Anda klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN
Memilih Tema 


Macam-macam Blog gratis


1. Wordpress.com
Sebenarnya Wordpress itu ada dua tipe. Pertama adalah yang ada di Wordpress.com yang kapasitasnya sekitar 50 MB. Untuk mendapatkannya Anda cukup sign up ke Wordpress.com dan mengikuti langkah-langkah yang ada. Cukup mudah dan cepat. Selain Wordpress.com ada pula yang beralamatkan di Wordpress.org. Untuk mendapatkannya, Anda harus mendownload terlebih dahulu baru kemudian melakukan instalasi di web server yang Anda miliki. Kapasitasnya tergantung seberapa besar web hosting yang Anda sewa. Antara yang pertama dan kedua ada perbedaan yang amat mencolok yaitu di sisi kustomisasi. Di Wordpress.com, Anda tak bisa mengedit theme yang Anda gunakan karena emang di sana tak disediakan fasilitas theme editor sebagaimana kalau Anda menginstall Wordpress di web server Anda sendiri. Selain itu, Anda pun tak bisa menambahkan aneka plugin sebagai pelengkap sebab Wordpress.com juga tak menyertakan plugin editor dan fasilitas untuk meng-upload plugin yang ada di internet. Fasilitas yang ada di Wordpress secara umum sudah lumayan lengkap. Ada fasilitas upload file (pdf, doc, file gambar, exe dll), penggantian bentuk link, pembuatan blogroll, penggantian theme/plugin, multi user dan sebagainya. Satu lagi yang unik dari Wordpress adalah ketika kita udah login di account Wordpress, maka ketika kita akan memberikan komentar ke blog orang lain yang memakai Wordpress juga, kita tak perlu menuliskan nama, alamat blog dan email karena udah otomatis sehingga menghemat waktu.

2. Wokaylah.com
Wokaylah.com dibangun dengan blog engine yang sama dengan Wordpress sehingga tampilan keduanya sangat mirip sekali (kalau tak mau dibilang sama). Yang beda mungkin adalah logo Wordpress yang udah diubah menjadi logonya wokaylah serta format alamat blog yang akan kita dapatkan nantinya. Kalau di Wordpress.com, alamat blog Anda adalah NAMA-ANDA.wordpress.com sedangkan di wokaylah.com alamat blog Anda adalah NAMA-ANDA.wokaylah.com. Semua fasilitas yang ada di Wordpress, hampir semuanya ada di wokaylah.com. Perbedaan yang lumayan mencolok adalah kalau di wokaylah.com fasilitas seperti theme editor dan plugin editor masih bisa kita gunakan sehingga tampilan blog kita lebih mudah untuk diutak-atik sesuai keinginan kita. Namun sperti juga Wordpress.com, wokaylah.com juga tak menyediakan fasilitas untuk meng-upload theme dan plugin baru sehingga terpaksa harus menggunakan yang udah disediakan secara default oleh pihak wokaylah.com. Bagi yang udah biasa makai Wordpress pasti tak akan kesulitan memakai blog ini.

3. Blogger/blogspot
Blog gratisan yang satu ini tak perlu dibahas lebih dalam lagi karena emang udah sangat terkenal dan dipakai secara luas. Namun saya sendiri kok tak begitu tertarik dengan blog yang satu ini. Maklum aja, sejak awal tampilannya saya tak begitu tertarik. Entah mengapa kok lumayan banyak juga orang yang memakainya. Mungkin karena cukup mudah dan simpel. Apa karena orang-orang udah tahu bahwa blog yang satu ini udah dibeli oleh Search Engine Terkemuka, Google.com ataukah karena anggapan mayoritas orang Indonesia bahwa kalau air minum dalam kemasan itu ya Aqua dan kalau e-mail itu ya Yahoo! .... entahlah :). Satu hal aja yang perlu Anda ingat ketika Anda mendaftar di blogger.com maka alamat blog Anda bukannya NAMA-ANDA.blogger.com akan tetapi NAMA-ANDA.blogspot.com, mengapa begitu? Saya sendiri juga tidak tahu???

4. Blogster.com
Dilihat dari namanya, nampaknya Blogster.com ingin mengikuti jejak kesuksesan Friendster.com. Tapi apakah blogster.com udah sesukses Friendster.com ataukah belum, saya sendiri tak begitu yakin akan hal itu. Mengapa? Ya, menurut saya dengan menempatkan iklan di blog milik anggotanya itu sudah merupakan suatu tindakan yang cukup mengganggu. Meskipun kita semua juga sadar bahwa barang gratisan itu memang selalu ada konsekuensinya. Namun, kalau ada yang gratisan yang lebih ‘bagus‘ mengapa tak dimanfaatkan???

5. Blog Rediff (Rediffland.com)
Layanan Rediffland merupakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan ketika kita udah mendaftar account e-mail yang kapasitasnya diklaim ‘unlimited‘ yaitu Rediff.com. Anda bisa memakai user name dan password Rediff.com untuk membuat blog Rediffland. Secara tampilan, blog Rediffland sangat biasa sekali dan malah terkesan sangat ‘kuno‘. Untuk menullis posting saja langkah-langkah yang harus dilalui sangat bertele-tele dan tak efisien menurut saya. Tapi kalau Anda ingin sesuatu yang aneh, bisa saja mencoba yang satu ini.

6. Blogsome.com
Bagi Anda yang ingin melihat Wordpress yang udah ‘dirombak habis-habisan‘ maka blogsome.com merupakan pilihan yang tepat. Blogsome.com bisa dikatakan merupakan turunan dari Wordpress dengan berbagai penambahan dan pengurangan di sana sini. Perombakan yang menurut saya agak menyebalkan adalah soal Category. Saat menggunakan Wordpress kalau mau menambah suatu Category pada saat menulis suatu posting, maka kita tinggal mengetikkan nama Category di menu bagian kanan lalu klik Add atau dengan menekan tombol Enter. Akan tetapi kalau Anda ingin membuat Category di blogsome.com maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu sebelum masuk ke menu untuk menulis posting karena saat Anda menulis suatu posting yang dapat Anda lakukan adalah memilih Category yang telah Anda buat sebelumnya dengan memberikan tanda centang pada Category yang dimaksud. Cukup merepotkan bukan? Salah satu kelebihan blogsome.com dibandingkan Wordpress.com adalah masih disertakannya fasilitas mengedit theme (theme editor). Namun untuk mencapainya, sedikit berbeda dengan wordpress.com dan wokaylah.com yaitu Anda klik Manage> Files. Meskipun bisa diedit, tapi koleksi theme yang disediakan cukup tebatas dan variasinya kurang. Soal tampilan sih sangat subjektif. Silahkan Anda nilai sendiri.

keuntungan memiliki blog
  •  bisa berbagi atau sharing , blog di pastikan memiliki kemampuan untuk di berikan org lain , seperti ilmu pengetahuan
  • blog dapat menjadi sebuah investasi
  • blog bisa membuat kita tambah kreatif
  • blog dapat mengenalkan kemampuan kita kepada orang lain
  • blog dapat menambah ilmu bagi yang memilikinya
  • bagi sebuah perusahaan blog dapat digunakan untuk riset
  • memiliki blog bisa menyalurkan hobi , bakat dan minat
  • dengan memiliki blogger kita apat bergaul dengan beragam komunikasi


sumber:
http://www.rmmandb.com/2010/07/perbedaan-hacker-dan-cracker.html
http://www.balipost.co.id/balipostcetak/2006/12/19/ip1.htm
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Web
http://iblogger.web.id/post/macam-macam-blog-gratisan/83/webq/
http://www.prowebpro.com/articles/search_engine.php

Your Reply