tugas maba 2010


.



STUDENT SITE
STUDENT SITE merupakan salah satu dari berbagai macam fasilitas yang ada di universitas gunadarma. Student site layanan informasi berbasis web diperuntukan bagi semua mahasiswa Universitas Gunadarma yang masih aktif. Dengan fasilitas Student site, mahasiswa Universitas Gunadarma sangat terbantu sekali,dengan mendapatkan berbagai informasi dari akademika Universitas Gunadarma.

Manfaat Student site :
1. student site dapat diakses dimana saja, waktu kita bersantai sambil online.
2. Dengan adanya student site mahasiswa dapat mendapatkan berbagai informasi dengan cepat dan mudah.

Banyak menu layanan student site setelah login adalah seperti :
1. BAAK news adalah layanan dimana mahasiswa universitas gunadarma dapat melihat pengumuman dan informasi terupdate dari kampus. Seperti “Aktivasi Studentsite mahasiswa baru”
2. LECTURE MESSAGE merupakan layanan diamana mahasiswa universitas gunadarma dapat melihat tugas softskill yang diberikan oleh dosen.
3. RANGKUMAN NILAI merupakan layanan dimana mahasiswa dapat melihat nilai mata kuliah Biasanya rangkuman nilai akan terisi atau terupdate setelah mahasiswa telah melewati uts dan uas.
4. JADWAL KULIAH merupakan layanan dimana mahasiswa dapat melihat kapan datang ke kampus untukmenjalani perkuliahan.
5. SURAT KETERANGAN merupakan layanan dimana mahasiswa ingin mengajukan suatu permohonan tertentu dari kampus.
6.INFO SEMINAR merupakan layanan dimana kita bias melihat jadwal seminar yang ada di kampus gunadarma.
*Kelebihan studentsite  kita mendapat informasi tentang perkuliahan , dapat mlihat jdwal seminar,ujian dan banyak lagi , kita dapat mengirim tugas kepada dosen melalui studentsite.
*Kekurangan yang ada pada web studensite adalah sering tidak bias di buka karena error, sehingga kita terlambat mengetahui informasi yang ada di studentsite dan sering mengalami kesulitan untuuk log in.
Link : studentsite.gunadarma.ac.id
BAAK
baak merupakan salah satu fasilitas yang ada di universitas gunadarma. Baak universitas gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di universitas gunadarma.
Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :
  1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
  2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
  3. Bagian Koordinasi Perkuliahan
          -Sub Bagian Jadwal Kuliah;
          -Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
          -Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
  1. Bagian Monitoring Kuliah.
          -Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
          -Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.
Link : baak.gunadarma.ac.id
Staffsite
Setiap dosen pengajar di Universitas Gunadarma perlu memanfaatkan digital locker untuk dosen- dikenal sebagai situs staffsite yang merupakan homepage resmi dosen, untuk media informasi dan komunikasi dari dosen yang bersangkutan ke civitas academica atau masyarakat. User ID dan password dari staffsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web.

Situs dosen dapat digunakan sebagai fasilitas diseminasi sumber ajar kepada mahasiswa, di mana dosen dapat menyediakan sumber ajar maupun sumber ilmu pengetahuan lainnya yang dapat diakses oleh mahasiswa. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pemberian materi ajar sehingga mahasiswa dimungkinkan dapat memahami materi kuliah sebelum dan sesudah kuliah diberikan.
Link : staffsite.gunadarma.ic.id
HELP DESK
Layanan UG helpdesk adalah sebuah layanan yang ditujukan untuk mengoptimalisasi layanan yang terkait dengan IT di lingkup Universitas Gunadarma yang dapat diakses melalui : http://helpdesk.gunadarma.ac.id

WARTA WARGA
Warta warga merupakan situs untuk wadah bagi segenap civitas akademika UG untuk menyalurkan kemampuan menulis dalam menunjang program softskill.
Link : wartawarga.gunadarma.ac.id
 
UG Pedia

UG Pedia  merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas.

Beberapa keunikan yang dapat anda gunakan pada UGPEDIA adalah:

1.instans respon, merupakan fasilitas pencarian seketika dengan model smart search artinya kami akan mulai mencari begitu anda mengetikkan keyword pada fasilitas InstantResponse.

2. Kemudahan mencari informasi, UG memiliki sekitar 70-an subdomain, kami menyadari bahwa dengan banyaknya subdomain tersebut sulit bagi anda untuk mencari informasi pada subdomain yang kami miliki. Disini anda mendapatkan kemudahan dari kami menunjukkan arah yang tepat bagi informasi yang anda inginkan.
3. Sehubungan dengan term "wikipedia" yang sering digunakan oleh masyarakat internet, maka disini pun anda dapat berkontribusi untuk menyumbangkan  informasi-informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, diharapkan dengan sumbangsih informasi tersebut dapat membantu adik, teman maupun pihak lain yang membutuhkannya.

Link : ugpedia.gunadarma.ac.id

UG LEARNING CENTER
UG Learning Center merupakan portal pembelajaran terpusat dari beberapa layanan yang telah digunakan di Universitas Gunadarma.
UG learning Center juga memiliki tugas seperti :
  1. Koordinasi pengembangan materi e-learning dengan unit terkait.
  2. Pemeliharaan dan monitoring portal e-learning (termasuk staffsite dan studentsite).
  3. Pengembanfan contern management dan SOP implementasi e-learning.
  4. Diseminasi/pelatihan e-learning ke dosen dan mahasiswa.
  5. Monitoring pemanfaatan e-learning oleh dosen dan mahasiswa.
E-LEARNING
E-Learning merupakan fasilitas pembelajaran elektronik yang digunakan untuk membantu mahasiswa memahami materi ajar. Menyediakan materi pembelajaran yang dilengkapi dengan audio visual yang dapat memberikan gambaran suatu konsep lebih jelas. Materi e-learning terdiri dari CD interaktif dan virtual class serta electronic journal.

Link:elearning.gunadarma.ac.id


E-book
E-book Singkatan dari electronic book atau buku elektronik adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book berupa file dengan format bermacam-macam, diantaranya pdf, exe dan htm.

Link : e-book.gunadarma.ac.id

PORTOFOLIO
Portofolio Mahasiswa yang dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas Gunadarma bersifat elektronik dan dapat diakses oleh umum (open content). Format alamat portofolio tersebut adalah sebagai berikut : npm.student.gunadarma.ac.id
[Catatan: npm diganti dengan nomor NPM masing-masing mahasiswa]

Portofolio Mahasiswa tersebut terdiri dari informasi-informasi UTAMA sebagai berikut:
1. Home, yang menampilkan foto diri dan kutipan berita dari Universitas Gunadarma
2. Akademik, yang merupakan daftar mata kuliah yang sudah diambil oleh mahasiswa yang secara otomatis terisi dari Sistem Informasi Akademik Terpadu
3. Seminar, yang informasinya diperoleh dari seminar.gunadarma.ac.id . Portofolio mahasiswa secara otomatis ini terisi jika mahasiswa yang bersangkutan mengikuti acara seminar di Universitas Gunadarma yang sistem pendaftaran seminarnya melalui situs tersebut. Jika mahasiswa mengikuti seminar di luar Universitas Gunadarma harap melapor ke Dosen Pengampu dengan menyertakan bukti-bukti keikutsertaannya.
4. Kursus/Workshop, yang diselenggarakan di Lembaga Pengembangan Universitas Gunadarma. Informasi tentang kursus/workshop ini juga akan terisi otomatis jika mahasiswa yang bersangkutan mengikuti kursus/workshop di Lembaga Pengembangan.
5. Tulisan, merupakan tulisan ATAS INISIATIF MAHASISWA yang sumber tulisannya ada dua yaitu (a) Tulisan di UG student Journalism atau UG Wartawarga yang dapat dilihat di wartawarga.ac.id dan (b) tulisan di blog yang dimiliki oleh mahasiswa yang bersangkutan. Setiap mahasiswa UG otomatis dapat menulis di Wartawarga setelah login ke studentsite dan memilih fitur layanan “wartawarga” di studentsite. Sebuah tulisan mahasiswa di blog juga dapat disubmit melalui studentsite yaitu pada fitur layanan “Tulisan” dengan memasukkan “judul” tulisannya serta alamat URL-nya secara lengkap.
6. Tugas, merupakan tulisan mahasiswa yang berdasarkan PENUGASAN DARI DOSEN PENGAMPU sesuai dengan Materi Mata Kuliahnya yang mengacu ke SAP dari Mata Kuliah Tersebut. Tugas tersebut ditulis di blog pribadi yang wajib dimiliki oleh mahasiswa UG. Blog tersebut boleh dengan domain .web.id, .info, wordpress, blogspot, blogsome, multiply, ngeblogs.com, dll. Tulisan diblog tersebut dapat disubmit melalui studentsite pada fitur “Tugas” dengan memasukaan “judul” tulisan dan alamat URL tulisan tersebut pada blog mahasiswa.
7. Kreatifitas, yaitu prestasi atau keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kreatifitas dan inovasi- baik di dalam maupun di luar Universitas Gunadarma. Contoh kegiatan kreatifitas yang dibiayai oleh pemerintah adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri dari 4 bidang (Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Wirausaha, dan Penerapan Teknologi) dan PKM-Tulisan Ilmiah (PKMI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Contoh kegiatan kreatifitas di dalam UG adalah berbagai perlombaan internal di UG misalnya UG ICT AWARD, lomba blog bulanan, KOMPRESS, dll. Prestasi di luar kampuspun dapat diperhitugkan dengan catatan melaporkan ke dosen pengampu atau ke bagian kemahasiswaan. Pengisian informasi kreatifitas ini akan dilakukan oleh panitia khusus yang ditunjuk sesuai dengan sumber data kegiatan kreatfitas yang dikoordinir oleh bagian kemahasiswaan.
8. Kemahasiswaan, adalah informasi yang bersumber dari bagian kemahasiswaan mengenai keterlibatan mahasiswa yang bersangkutan dalam organisasi atau kegiatan kemahasiswaan yang menjadi kewenangan bagian kemahasiswaan Universitas Gunadarma. Pengisiaan informasinya dilakukan oleh satuan kerja khusus yang ditunjuk, dalam hal ini bukan diisi oleh mahasiswa yang bersangkutan.

SAP
Satuan Acara Perkuliahan (SAP) ialah yang berisi pembagian materi suatu matakuliah tiap kali kuliah (setiap pertemuan). SAP berisi rincian materi kuliah setiap pertemuan kuliah dan berikut tujuan belajarnya serta buku-buku acuan untuk belajar. Yang dimaksud tujuan belajar ialah apa yang minimal dikuasai mahasiswa setelah mendapat materi perkuliahan.
Setiap mata kuliah memiliki Satuan Acara Pengajaran (SAP) yang merupakan penjabaran secara rinci rencana perkuliahan. SAP tersebut harus memuat unsur-unsur sebagai berikut :
  • Kode, nomor, dan nama mata kuliah.
  • Kedudukan mata kuliah (Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) dan Mata Kuliah Keahlian (MKK))
  • Semester dan tahun mata kuliah tersebut diajarkan.
  • Bobot kredit.
  • Tujuan mata kuliah.
  • Mata Kuliah prasyarat (bilamana perlu).
  • Nama pengajar.
  • Waktu dan tempat kuliah
  • Rincian acara perkuliahan dan bahan bacaan wajib dan anjuran.
  • Cara mengevaluasi proses belajar-mengajar.

BAPSI
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) merupakan unit kerja di tingkat universitas yang berada di bawah Rektor deserta jajaran Pembantu Rector, sesuai dengan struktur organisasi Universitas Gunadarma. Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pada tahun 2007 ini, BAPSI membentuk unit kerja khusus yaitu Network Operation Center (UG-NOC), System Development Center (UG-SDC), Media and Information Center (UG-MIC), E-Learning Center (UG-ELC), dan Research Information Center (UG-RIC). Kelima unit baru tersebut melengkapi struktur BAPSI sebelumnya, khususnya yang terkait dengan layanan Sistem Informasi.
Kantor BAPSI berlokasi di Gedung 2 lantai 3, Kampus Depok, Jalan Margonda No.100 Depok.

CARRER
Fasilat ini ada di universitas gunadarma yaitu bertujuan untuk memudahkan para lulusan gunadarma untuk mencari pekerjaan . perusahaan bekerja sama dengan universitas gunadarma agar mahasiswa gunadarma cepat bekerja dengan syarat kita memenuhi persyaratan yang di minta oleh perusahaan tersebut.
Link : carrer.gunadarma.ac.id

COMMUNITY
Community meruoakan fasilitas yang ada di universitas gunadarma. Fasilitas  ini untuk melihat komunitas apa saja yang ada di universitas gunadarma , seperti ukm yang ada di gunadarma . pasti setiap ukm tersebut membuat connunitynya sendiri. Kita bisa melihatnya di link : community.gunadarma.ac.id 

*kekurangan dari layanan fasilitas universitas gunadarma menurut saya hanya koneksinya saja .
*kelebihan dari layanan fasilitas gunadarma menurut saya adalah kita lebih gampang mencari informasi tentang gunadarma dan kita lebih berwawasan luas dengan adanya fasilitas yang ada .
Sumber :


Your Reply