PERKEMBANGAN GRAFIS DAN PEMODELAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERUBAHAN TEKNOLOGI


.




Salah satu bidang yang terpengaruh adanya perkembangan teknologi  computer adalah bidang desain grafis. Desain grafis dimanfaatkan oleh berbagai kalangan seperti pendidikan , pemerintahan , bank ,  industry , dan hamper di semua aspek menggunakan nya .

Desain grafis adalah cabang ilmu dari seni desain yang dalam perkembangannya desain grafis di bantu oleh computer dalam mendesain sebuah object. Desain grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik , foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna pada bidang gambar.

Dalam desain grafis, hal dasar yang paling penting adalah image( gambar) .image (gambar) adalah tiruan barang ( manusia, hewan, tumbuhan dan sebagainya) dab neruakan simulasi dari kenyataan yang dibuat coretan pensil, tinta dan cat pada sebuah kertas maupun kanvas. Prose pembuatan image tidak terbatas hanya coretan saja, tetapi bias juga dengan pointer menggunakan mouse di program software pegolah gambar yang ada di dalam computer. Hal tersebut memumjukan bahwa media untuk menggambar image tidak hanya sebatas pada kertas. Bisa saja pada dinding, lembaran kayu, atau bias juga pada kanvas imaginer yang terdapat pada software pengolah gambar yang telah di install pada computer.

Pada perkembangan teknologi masyarakat sebelumnya, gambar yang dihasilkan berupa lukisan-lukisan. Untuk melakukan proses penggambaran image tersebut, harus dilakukan persiapan barang-barang seperti: kertas, pensil, tinta, cat, penggaris, kuas dan sebagainya. Karena melakukan persiapan tersebut terkadang terlalu banyak dan lebih banyak mengeluarkan biaya untuk memperolehnya, maka dengan munculnya berbagai software pengolah gambar, banyak masyarakat yang cenderung lebih memilih untuk membuat image menggunakan software tersebut. Image yang merupakan hasil editan atau olahan software pengolah gambar mempunyai kualitas yang lebih bagus. Baik berupa pewarnaan, kerapian, ketelitian, ukuran, maupun keaslianmya dapat menyerupai keaslian dengan kenyataan yang ada.

Banyak software pengolah gambar yang telah digunakan dan dikembangkan saat ini, salah satu yang paling sederhana adalah software pengolah gambar image paint. Image paint adalah sebuah software pengolah gambar sederhana yang dikembangkan dari software edit gambar bawaan windows. Image paint merupakan aolikasi software pengolah gambar yang memiliki tampilan sederhana dan hanya memiliki tampilan fitur yang sedikit tetapi bias digunakan sebagai editor gambar seperti software pengolah gambar lainnya. Contoh lain adalah photoshop. Adobe Photoshop adalah software yang dibuat oleh perusahaan Adobe System, yang di khususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan effect. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh Fotografer Digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar. Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut. Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.

Dengan aplikasi software desain yang ada pada saat ini , pengguna makin mudah untuk menciptakan sebuah image atau desain sesuai yang di inginkan nya. Pemakaian software nya pun tidak terlalu sulit.

Sumber : Repository.usu.ac.id

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN BLOGSPOT


.





Blog merupakan singkatan dari web blog adalah bentuk aplikasi yang menyerupai tulisan-tulian pada sebuah halaman web tersebut.  Situs web seperti ini biasanya dapat di akse oleh semua pengguna internet sesuai dengan topic  dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali di populerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya. PyraLab diakusisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Banyak sekali yang menyediakan blog gratis tapi saya akan membahas tentang blogspot karena saya juga menggunakan nya. Menurut saya menggunaka blogspot sanganlah mudah apalagi untuk pemula.  Pertama yang kita lakukan adalah membuka blogger.com kemudian klik (buat blog). Kemudian isilah data yang yang harus di isi. Setelah semua terisi kita sudah bias mulai untuk menggunakan blog tersebut. Disini saya hanya membahas keuntungan nya aja , tapi bukan berarti di blogpot tidak memiliki kekurangan. Inilah kelebihan blogspot :
  • Blogspot mudah digunakan. Mengapa di bilang mudah karena disana cukup jelas aturan nya. Jadi untuk seorang pemula di bidang ngeblog sangat gampang untuk menggunakan nya.  Kita juga dengan mudah menerbitkan sebuah postingan , merancang template, atau mempercatik blog.
  • Banyak template yang bias kita pilih sesuai yang kita inginkan dan mudah untuk di edit supaya blog kita lebih enak di lihat.
  • Blogspot memberikan unlimited space & bandwith. Jadi selagi anda masih mampu untuk menerbitkan postingan, anda tidak perlu memikirkan space / ruang penyimpanan blog anda, serta bandwith yang tidak akan berkurang sekalipun pengunjung blog sudah ramai.

Di sini saya hanya menjelaskan keuntungan dari blogspot , dan pasti masih banyak lagi keuntungan nya.

Masalah . . .


.


Setiap manusia pasti mempunyai berbagai macam masalah di dalam kehidupan nya . dari masalah keluarga , pendidikan , pertemanan , percintaan , pekerjaan dan masih banyak lagi . kenapa di dalam kehidupan ini dipertemukan sama setiap masalah ? mungkin tuhan ingin menguji kita sejauh mana kita bisa menyelesaikan permasalahan yang di kasih dan tuhan ingin kita menjadikan kita pribadi yang baik lagi.

Setiap masalah yang diberikan oleh tuhan sebaiknya kita syukuri dan kita selesaikan dengan baik. Jangan kita mengeluh dengan masalah yang di kasih oleh nya , karena mengeluh hanya membuang waktu saja , malah membuat masalah kita semakin lama. Ingat, allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan umatnya. Selesaikan masalah dengan sebaik-baik nya dan percaya bahwa di setiap masalah pasti ada jalan keluarnya .

Bersyukur dengan apa yang ada sekarang, walaupun banyak masalah yang harus kita hadapi dalam kehidupan ini. Anggaplah setiap masalah itu ingin menjadikan kita yang lebih baik lagi , sehingga kita tidak terlalu terbebani dengan setiap masalah tersebut.  Seperti yang dikatakan oleh merry riana seorang motivator muda “ jika anda mempunyai 100 masalah , ingatlah ! bahwa tuhan mempunyai 101 cara untuk menyelesaikan nya. Jangan mudah putus asa dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada.




desain pemodelan grafik


.


Desain pemodelan grafik


Apa itu desain pemodelan grafik ? disini kita akan membahasnya . Pertama apa itu desain ? Desain diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Setelah mengerti apa itu desain kita memahami apa itu pemodelan ? Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).

Sedangkan pengertian dari grafik itu sendiri dapat mengacu  pada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan baik 1, 2,maupun 3 dimensi atau lebih. Dari ketiga definisi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan-tahapan yaitu membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.
Peralatan desain grafis

Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.

Daftar Software Desain Grafis

* Desktop publishing
* Adobe Photoshop
* Adobe Illustrator
* Adobe Indesign
* Page Maker
* Coreldraw
* GIMP
* Inkscape
* Adobe Freehand
* Adobe image ready
* CorelDraw
* Webdesign
* Macromedia Dreamweaver
* Microsoft Frontpage
* Notepad
* Adobe Photoshop
* Audiovisual
* Adobe After Effect
* Adobe Premier
* Final Cut
* Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
* Ulead Video Studio
* Magic Movie Edit Pro
* Power Director
* Rendering 3 Dimensi
* 3D StudioMax
* Maya
* AutoCad
* Google SketchUp

Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:

1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3.Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku /behaviour objek bergantung waktu.

Kerangka Grafik Komputer

1.Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System)
2.Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
3.Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
4.Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.

Sumber :



web clustering (carrot2)


.


pembahsan kali ini saya akan membahas tentang web clustering dan carrot2. Apa itu web clustering ? dan apa itu carrot2 ? pembahasan lebih lengkapnya silakan baca di bawah ini :

Web clustering adalah Clustering (pengelompokan dokumen) yaitu merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk memudahkan user dalam menemukan dokumen web yang diinginkan dari sejumlah retrieved documents yang dihasilkan search engine. Teknik ini mengelompokkan dokumen berdasarkan kategori tertentu, sehingga penelusuran user terhadap retrieved documents akan lebih mengerucut. Pengelompokan ini menggunakan Algoritma Semantic Hierarchical Online Clustering (SHOC) yang merupakan salah satu algoritma clustering yang mengelompokkan dokumen web hasil pencarian ke dalam cluster tertentu berdasarkan frase-frase kunci yang terdapat dalam dokumen tersebut. 

gambar software carrot2

Salah satu software yang mengimplementasikan teknik web clustering yaitu carrot2. carrot2 adalah pencari open source hasil mesin clustering. Hal ini dapat secara otomatis klaster koleksi kecil dokumen, hasil pencarian misalnya atau abstrak dokumen, ke dalam kategori tematik. Selain dari dua algoritma hasil pencarian khusus clustering, carrot² menawarkan siap digunakan komponen untuk mengambil hasil pencarian dari berbagai sumber. Carrot2  ditulis di Java dan didistribusikan di bawah lisensi BSD .

Arsitektur carrot2 didasarkan pada komponen pengolahan yang disusun menjadi pipa. Dua kelompok besar atau komponen pengolahan di carrot ² adalah: dokumen sumber dan algoritma clustering. Dokumen sumber menyediakan data untuk diproses lebih lanjut. Biasanya, mereka akan mengambil hasil pencarian dari mesin pencari eksternal, Lucene / Solr indeks beban atau file teks dari disk lokal.
Untuk saat ini carrot² memiliki built-in dukungan untuk sumber-sumber dokumen sebagai berikut:
  • Bing Search API
  • Google Search API
  • Google Desktop
  • Lucene indeks
  • Buka Pencarian
  • PubMed
  • Solr Server
  • eTools metasearch engine
  • Generic XML file
Sumber dokumen lainnya dapat diintegrasikan berdasarkan contoh kode yang tersedia dengan carrot distribusi. carrot² menawarkan dua algoritma clustering dokumen khusus yang menempatkan penekanan pada kualitas label cluster:
Carrot² clustering dapat dipanggil melalui beberapa API yaitu :
  •  Java API

Sedang dilaksanakan di Java, carrot² dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak asli Java melalui Ja va API.

  • C # /. NET API

carrot² menyediakan asli C # API untuk memanggil pengelompokan dari C # / . NET perangkat lunak tanpa menginstal runtime Java. Carrot2 C # API membutuhkan NET Framework versi 3.5 atau yang lebih baru.

  •   Platform lain dapat memanggil carrot² pengelompokan melalui SISA layanan terpapar oleh Server.Clustering Dokumen. Contoh kode integrasi disediakan untuk PHP5 , C # , Ruby dan CURL
carrot² menawarkan sejumlah mendukung alat yang dapat digunakan dengan cepat membuat pengelompokan pada data kustom, tuning lebih lanjut dari hasil clustering dan pengelompokan carrot2 sebagai layanan remote:
Carrot2 Dokumen Clustering Workbench
  • Carrot2 Dokumen Clustering Workbench: aplikasi GUI mandiri untuk bereksperimen dengan Wortel ² pengelompokan pada data dari mesin pencari umum atau data kustom.
  • Carrot2 Dokumen Clustering Server: menghadapkan Wortel ² pengelompokan sebagai sisa layanan,
  • Carrot2 Command Line Interface: aplikasi yang memungkinkan memanggil Wortel ² pengelompokan dari baris perintah,
  • Carrot2 Aplikasi Web: menghadapkan Wortel ² pengelompokan sebagai aplikasi web untuk pengguna akhir. 
 sumber :