Jenis - Jenis Komputasi Modern


.

Komputasi modern terbagi tiga macam yaitu :  
  1. komputasi mobile (bergerak) 
  2. .komputasi grid 
  3. komputasi cloud (awan)
Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut :

1. Mobile Computing

Mobile computing adalah sebuah komputasi menggunakan teknologi yang tidak terhubung secara fisik, atau dalam jarak jauh dan dikemas secara unik dan menarik dalam bentuk mobile, sehingga pengguna komputer dapat lebih maksimal disetiap tempat. Teknologi ini dapat membantu pada saat kita dalam keadaan mobile , tetapi dilain sisi, ketergantungan akan sumber daya dan koneksi masih sangat menjadi penghambat dalam perkembangan mobile computing.



2. Grid Computing


Grid Computing adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer terpisah letaknya yang saling terhubung melalui jalur komunikasi untuk memecahkan persoalan komputasi skala besar. Dengan kata lain konsep Grid Computing adalah komputasi parallel dengan infrastruktur perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat menyediakan akses yang bisa diandalkan, konsisten, tahan lama dan tidak mahal terhadap kemampuan komputasi mutakhir yang tersedia. 

3.Cloud Computing


Cloud Computing adalah komputasi berbasis internet, dimana berbagi sumber daya, perangkat lunak dan informasi yang diberikan kepada komputer dan perangkat lain, seperti utilitas publik. Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks sebagai suatu moda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet.

Sumber :

Your Reply