belajar java


.


1. Untuk mempelajari pemrograman Java dengan mudah, kita dapat menggunakan teknologi Java yang paling dasar (Core) dan ditujukan untuk desktop application yaitu J2SE (Java 2 Standard Edtition). Informasi mengenai J2SE ini dapat kita lihat selengkapnya di http://java.sun.com/j2se/index.jsp

Selain itu kita dapat belajar pemrograman Java dengan cepat melalui buku tentang dasar-dasar pemrograman Java yang sudah banyak diterbitkan saat ini. Dalam buku-buku tersebut diberikan konsep dasar bahasa Java beserta latihan-latihan pemrograman dari tingkat yang paling mudah hingga yang cukup rumit. kita bisa memulai belajar dari bagian/buku yang ditujukan untuk pemula (beginner level). Jika sudah cukup memahami bagian/buku tersebut, kita dapat melanjutkan membaca bagian/buku yang ditujukan untuk level selanjutnya (intermediate level, dst).

contoh buku yang bisa anda pelajari adalah sbb:
- Dasar-dasar Pemrograman Java 2 (PT Elex Media Komputindo)
- Pemrograman Berorientasi Objek dengan Java (Penerbit ANDI)

Sedang untuk mempelajari pemrograman Java melalui tutorial yang tersedia di Internet, kita bisa mengkases misalnya :
- http://java.sun.com/docs/books/tutorial/
- http://javaboutique.internet.com/tutorials/Complete/
- http://javaboutique.internet.com/tutorials/Basics/
- http://www.javacoffeebreak.com/java101/java101.html Setelah memahami dasar-dasar pemrograman Java, kita dapat melanjutkan mempelajari berbagai teknologi Java seperti J2ME, J2EE, Java Webservice, XML dan lain sebagainya.

2. Bagi kita yang familiar dengan Pascal, kita dapat melihat bagaimana cara mentansformasikan program Pascal ke program Java pada url berikut:

Your Reply